Macam-Macam Jenis Payung yang Perlu Diketahui

Payung dan musim memang menjadi hal yang tidak terpisahkan. Ketika hujan tiba, payung dipakai untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan. Selain bisa melindungi dari guyuran hujan, payung juga bisa dipakai untuk melindungi dari panas. Juga payung banyak dimanfaatkan sebagai souvenir di acara-acara seminar atau workshop. Sejarah payung dimulai sekitar 3000 – 4000 tahun di Mesir. Yang mana, payung hanya digunakan untuk melindungi para bangsawan dari sinar matahari dengan bentuk cenderung besar dan bisa menutup bayangan. Selanjutnya, payung mulai merambah ke berbagai negara dengan model yang berbeda-beda. Termasuk di Indonesia.

Untuk Anda yang ingin membeli payung untuk kebutuhan diri sendiri atau souvenir. Ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis payung yang ada. Jadi nantinya bisa memilih sendiri model payung yang diinginkan seperti apa.

  1. Klasik

Merupakan jenis payung yang paling mudah ditemui. Hampir setiap rumah mempunyai payung klasik ini. Payung klasik mempunyai ujung gagang melengkung yang bisa meneduhkan dua orang pemakainya. Banyak toko yang menjual payung klasik ini. Bahkan payung jenis ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan souvenir atau hadiah sebuah acara.

  1. Travelling

Model payung yang satu ini pun tidak kalah populer di zaman saat ini. Untuk model payung travelling ini dapat dilipat menjadi kecil dan masuk ke dalam tas. Perkembangan zaman yang semakin maju, payung travel sekarang ini sudah dilengkapi tombol. Dengan menekan tombol pada payung maka bisa langsung terbuka dan tidak perlu bersusah payah lagi. Untuk panjang payung ini pun bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

  1. Motif Transparan

Merupakan jenis payung yang lebih fashionable dan lucu, namun dari segi bentuk sama seperti payung klasik. Bahan yang digunakan untuk membuat payung transparan ini adalah bahan plastik. Untuk jenis payung ini banyak dijumpai di Korea dan Jepang.

  1. Bubble

Biasanya payung bubble ini banyak dipakai oleh kaum hawa. Dimana payung bubble ini bisa melindungi kepala sampai wajah pengguna. Ini dikarenakan bentuknya yang memang menyerupai bubble atau balon.

  1. Golf

Adalah jenis payung yang khusus di desain untuk pemain golf. Dari segi bentuk pun sangat lebar, yang mana bisa melindungi pemain sekaligus cart bag. Payung golf ini dibuat supaya bisa tahan hujan dan angin. Hal ini dikarenakan permainan golf memang dilakukan di lapangan terbuka.

  1. UFO

Jenis payung ini sangat fungsional, jika model payung lainnya membutuhkan gagang sebagai pegangan. Mana payung UFO ini tidak membutuhkan gagang. Karet penahan bisa diselipkan pada lengan. Bentuk payung ini memang mirip dengan UFO jadi dinamakan dengan payung UFO. Untuk ukuran payung ini sendiri pun ada banyak macamnya.

  1. Lukis

Berbeda dengan jenis payung lainnya, untuk payung lukis ini tidak bisa dipakai ketika musim hujan dan tidak tahan angin. Ini dikarenakan payung lukis dibuat dari kayu berlapis kertas dan dihias menggunakan warna menarik. Biasanya payung-payung ini dijadikan pajangan di hotel, restoran, upacara keagamaan, sampai upacara kematian.

Fungsi Payung Dari Dulu Sampai Sekarang

Secara garis besar, payung memiliki fungsi sebagai berikut ini.

  1. Melindungi Tubuh dari Panas & Hujan

Manfaat paling umum adalah digunakan untuk melindungi tubuh dari panas dan hujan. Untuk jenis payung ini merupakan perkembangan terakhir dari fungsi payung. Yang mana sebelumnya, payung tidak mempunyai fungsi ini. Namun lama-lama, payung lebih banyak dipakai masyarakat sebagai perlindungan. Desain payung terus diperbaiki sampai bisa dilipat dengan mudah seperti sekarang ini.

  1. Menentukan Status Social Masyarakat

Kemudian, payung pun juga bisa dijadikan sebagai penentu status sosial masyarakat. Yang mana payung ini dipakai berdasarkan sejarah dikembangkan hanya untuk orang dengan status sosial tinggi. Jadi untuk masyarakat dengan status sosial rendah tidak akan bisa memiliki payung ini. Selain itu payung ini pun spesial, yang mana dibuat dari bahan mahal. Tidak heran jika dijadikan alasan mengapa masyarakat dari status sosial rendah tidak bisa membeli payung ini.

  1. Pendukung Fotografi

Dalam dunia fotografi, payung bisa dimanfaatkan untuk pendukung fotografi. Apabila Anda pernah mengikuti pemotretan atau hadir di acara pernikahan. Pastinya pernah menemukan banyak model payung dipakai untuk mendukung pencahayaan ketika sesi foto. Dengan menggunakan payung ini maka objek yang difoto akan lebih ideal dan bagus tentunya.

  1. Alat Seni Tradisional

Selanjutnya, payung juga bisa dimanfaatkan untuk alat seni tradisional dengan warna menarik dan desain unik. Umumnya corak untuk payung seni tradisional ini sangat terang dan disesuaikan dengan warna ciri khas budaya tertentu. Misalnya payung dijadikan alat seni untuk tari-tarian. Pastinya sudah pernah mendengar tari payung bukan? Tari payung ini berasal dari Sumatera Barat. Untuk membuat payung tari-tarian ini menggunakan kayu dan kain warna-warni yang indah serta bernilai seni. Jadi ketika dipakai untuk menari, payung ini akan memiliki daya tarik tersendiri.

  1. Dekorasi

Masih memiliki kaitan dengan tradisi adat dan budaya, sampai saat ini payung masih banyak digunakan untuk dekorasi. Ukuran, bentuk, dan desain payung untuk kebutuhan dekorasi ini pun berbeda-beda. Setiap payung dekorasi tradisional menandakan keunikan dari adat istiadat budaya dari masing-masing daerah.

  1. Properti

Sekarang ini banyak payung yang beralih fungsi menjadi sebuah properti. Yang mana bukan hanya untuk properti pemotretan saja. Meskipun bentuk dasarnya tetap payung yang dipakai untuk melindungi tubuh dari panas dan hujan. Ketika menjadi alat properti, payung-payung ini hanya untuk melengkapi gaya saja. Berdasarkan sejarah, payung memang sudah banyak dipakai untuk properti pelengkap oleh seorang penulis terkenal dari Eropa bernama Jonas Hanway. Ketika itu, si penulis membawa payung saat pergi ke mana pun dan sudah menjadi gaya dari berpakaiannya.

  1. Menunjukkan Penghormatan & Penghargaan

Pun payung juga bisa difungsikan untuk menunjukkan penghormatan dan penghargaan. Pastinya pernah sekali atau dua kali melihat seorang pemimpin atau raja di suatu negara dipayungi oleh seseorang ketika berada di luar ruangan. Ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan bagi orang yang dipentingkan. Meskipun kelihatannya biasa saja, namun tindakan ini menjadikan payung sebagai alat untuk menunjukkan penghormatan untuk orang-orang tertentu.

  1. Media Promosi

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diawal bahwa payung juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Baik dari kantor, produk, sampai rumah sakit. Banyak acara yang menggunakan payung sebagai media promosi efektif. Hal ini dikarenakan melihat dari fungsi utamanya yang memang dibutuhkan, apalagi ketika musim hujan seperti sekarang ini. Bagi pemberi, payung menjadi alat promosi menguntungkan.

Nah itulah beberapa jenis payung dan fungsi dari zaman ke zaman. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan payung untuk kebutuhan promosi. Pastikan untuk memilih tempat pembuatan payung yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil cetak payung yang berkualitas dan sesuai keinginan. Selain itu juga bisa mendapatkan harga cetak payung yang cukup terjangkau tentunya.